Kamis, 29 November 2018

Paul - Greg Mottola


Seth Rogen Berbulu Alien

Judul Film: Paul
Sutradara: Greg Mottola
Penulis Naskah: Simon Pegg & Nick Frost
Rumah Produksi: Relativity Media, Working Title Films, Big Talk Pictures, StudioCanal
Distributor: Universal Pictures
Tahun Rilis: 2011


Agak cebol dengan perut buncit, berkepala besar, bermata besar tanpa pupil. Begitulah salah satu citra alien dalam budaya populer. Alien semacam itu juga yang ditampilkan dalam Paul. Tapi dalam film yang banyak merujuk pada film-film fiksi ilmiah Steven Spielberg ini alien itu lebih terasa seperti tokoh tipikal Seth Rogen dalam film-filmnya yang lain. 

Paul, nama sang alien, adalah tukang ejek. Begitu juga sifat Seth Rogen sejak penampilan pertamanya di Freaks & Geeks. Di sana dia mengejek para anak culun bahkan teman-temannya sendiri, anak bandel. Paul meledek tingkah Clive Gollings (Nick Frost) dan Graeme Willy (Simon Pegg). Misalnya, waktu Graeme curi-curi menggambarnya. Lebih gamblang lagi ketika dia mengejek pandangan Ruth Buggs soal evolusi.

Paul adalah pemadat berat. Dia mengisap lintingan ganja dosis tinggi sepanjang film. Ketika Clive mencobanya, dia langsung klenger. Seth Rogen dikenal sebagai tukang ngegele di Hollywood. Konon dialah yang menulari sutradara Kevin Smith untuk ikut-ikutan ngegele. Di layar pun dia memerankan tokoh-tokoh tukang giting. Lihat saja Pineapple Express dan Knocked Up.

Paul itu anaknya mageran dan cerdas. Itulah sifat yang menggambarkan tokoh-tokoh yang diperankan Seth Rogen dalam banyak film maupun serial. Dalam Undeclared dia adalah otak dari anak-anak tongkrongannya. Pada salah satu episodenya dia berspekulasi di bursa saham dan mengesankan seolah bursa saham adalah permainan untuk orang-orang cerdas mageran.

Naskah Paul ditulis oleh Simon Pegg dan Nick Frost, dua pelawak yang punya gaya humor lumayan berbeda dengan Seth Rogen. Dalam aspek cerita gaya lawakan mereka terasa, khususnya dalam hal lawakan-lawakan referensial. Alur cerita Paul adalah perpaduan antara perjalanan mengantar E.T. pulang dengan potongan-potongan Close Encounters of the Third Kind. Tapi khusus untuk tokoh Paul, rasanya tokoh itu tidak ada bedanya dengan tokoh-tokoh yang ditulis Seth Rogen dalam filmnya. Seth Rogen menonjolkan persona filmnya dalam kulit Paul. Jadi bisa dibilang Paul adalah Seth Rogen berbulu alien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar