Senin, 22 Oktober 2018

Typer Shark Deluxe - PopCap Games


Ancaman Itu Menggairahkan?

Judul Gim: Typer Shark Deluxe
Pengembang: PopCap Games
Penerbit: PopCap Games
Perancang: Jason Kapalka
Tahun Rilis: 2003


Bagi orang yang sehari-hari berkutat dengan komputer, mengetik kadang bikin suntuk. Tapi Typer Shark Deluxe menyegarkannya. Bagaimana cara gim garapan Big Fish Game ini melakukannya? Mari kita bahas!

Kita berperan sebagai tukang selam pemburu mutiara dan harta di kapal karam. Tapi selagi kita menyelam, hiu dan piranha mengancam. Sebenarnya tidak ada cerita yang menyeret kita sepanjang kurang lebih 10 babak. Kita tidak menemukan kejutan-kejutan tentang latar belakang tokoh kita atau harta di dasar lautan itu. Tapi kita akan menemukan musuh-musuh yang makin menantang. Dan tantangan itu sudah cukup untuk membuat kita khusyuk selama kurang lebih 1 jam menamatkan gim ini. 

Tugas kita adalah mengetikkan kata-kata sambil bergelut dengan waktu. Waktu yang mengancam kita dilambangkan oleh hiu dan piranha beragam jenis. Yang cepat ada, yang lambat juga. Sebelum waktu menerkam, kita harus mengetikkan kata-kata yang tertera di badannya untuk mengalahkannya. Kalau salah pencet, dia akan melompat makin dekat kita dan mungkin mencaplok kita. Dan untuk mengarungi lautan buas itu mula-mula kita diberi jatah tiga nyawa.

Tantangan yang makin menjadi-jadi berasal dari variasi kata dan kecepatan para makhluk laut itu. Gampang saja kalau hiu itu menanggung kata tiga huruf satu tema, seperti seperti axe dan hoe. Tapi lain ceritanya kalau berhadapan dengan kata berhuruf acak atau kata yang lebih panjang atau kata yang sebentar-sebentar berubah. Barangkali saya lebih mudah menaklukkan kata bermakna karena saya lebih terbiasa dengannya daripada kata dengan susunan huruf acak. Jadi koordinansi indra saya lebih luwes.

Saya lancar-lancar saja membasmi piranha yang hanya menyandang satu huruf. Tapi saya tidak pernah berhasil menumpas ubur-ubur padahal mereka tidak mengancam. Mungkin justru itulah sebab kegagalan saya. Ubur-ubur itu tidak mengancam! Saya akan lebih buru-buru mengetik kalau saya terancam mampus dimakan hiu atau piranha. Saya jadi bertanya-tanya sendiri. Apakah saya adalah makhluk yang baru memaksimalkan potensinya kalau terdesak saja? 

Demikianlah. Typer Shark Deluxe bukan saja menjadikan mengetik seperti upaya nyata untuk bertahan hidup di tengah lautan gelap penuh ancaman, melainkan juga memantik renungan-renungan penuh manfaat bagi jiwa. Jadi kalau kamu sedang merasa suntuk dengan tugas mengetikmu, kamu bisa menyegarkan diri barang satu jam dengan hiu, piranha, dan ubur-ubur di lautan penuh harta ini. Mungkin sedikit tambah pening kalau sudah mulai muncul renungan-renungan semacam tadi. Kalau sudah begitu, saran saya: mainkan pada tingkat kesulitan paling maksimal. Niscaya orang-orang yang melihatmu tanpa tahu apa yang ada di layar akan menyangka kamu sedang kesurupan Dewa Fokeus Gawe padahal ngegim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar