Kamis, 16 Juli 2015

While We're Young - Noah Baumbach



Judul Film
:
While We’re Young
Sutradara
:
Noah Baumbach
Aktor
:
Ben Stiller, Naomi Watts, Adam Driver, Amanda Seyfried
Rumah Produksi
:
Scott Rudin Production
Tahun Rilis
:
2014

Josh Schrebnick adalah seorang pria berusia 40 tahunan. Dia seorang sutradara film dokumenter. Film keduanya belum selesai walau sudah delapan tahun dia garap. Istrinya yang usianya tak jauh beda dengannya, 40 tahunan, Caroline, adalah seorang produser dan anak seorang sutradara film dokumenter ternama, Leslie Breitbart. Dalam hubungan profesional orang perfilman, Jamie menjaga jarak dari mertuanya. Ini berpengaruh pada hubungan mantu-mertua mereka. Ditambah lagi, teman dekat mereka baru saja memiliki seorang bayi, sedangkan mereka belum punya. Caroline sempat keguguran. “Keadaan awal” tokoh utama While We’re Young yang sejak awal ditamplikan dengan lancar menjanjikan pergolakan personal yang berlapis.

Jamie Massey adalah seorang pria berusia 20 tahunan. Dia ingin jadiseorang sutradara. Dia menggemari hal-hal jadul. Pada suatu kuliah umum Josh dia datang bersama Darby, istrinya, lalu berkenalan dengan Josh dan memuji film pertamanya. Sejak saat itu Josh dan Jamie makin akrab. Josh dan Caroline jadi lebih sering nongkrong dengan Jamie dan Darby ketimbang teman-teman seumurannya. Keakraban itu pula yang akhirnya membuat Josh memberikan kru dan narasumber filmnya, dan relasi perfilmannya dengan suka rela pada Jamie –bahkan Caroline memproduseri filmnya. Tapi, ternyata Jamie berbohong tentang banyak hal. Dia belum pernah menonton film Josh. Narasumber filmnya yang awalnya diketahui Josh sebagai teman lama Jamie yang kebetulan mengajak berteman lagi lewat Facebook, ternyata telah direka jauh-jauh hari oleh Jamie. Semua keakraban itu adalah muslihatnya agar mendapatkan sumber daya perfilman yang dimiliki Josh. Jamie sudah mendapatkan segalanya saat Josh baru benar-benar menyadari semuanya. Jamie adalah pedang bermata dua bagi Josh. Kehadirannya menumbuhkan kembali daya hidup Josh di tengah kemelut. Di sisi lain, diam-diam dan perlahan persentuhannya dengan Jamie menuntun Josh untuk menghadapi pergolakan batinnya. Perlu dicatat: Adam Driver sangat cakap memerankan tokoh lick berwajah sok polos ini, sehingga tampak simpatik. Pergolakan batin tokoh utama While We’re Young makin berkobar karena kehadiran tokoh “kompor” yang simpatik.

Perkembangan dua tokoh pendamping dalamWhile We’re Young –kebetulan keduanya perempuan— turut andil dalam perkembangan tokoh utamanya. Pada awal perkenalannya Caroline menduga bahwa Jamie menyadari Josh adalah suami Caroline, anak Leslie Breitbat. Karena mereka sering nongkrong dan Josh meyakinkannya, Caroline akhirnya ikut kata suaminya. Ketika Josh semakin sadar bahwa Jamie adalah orang yang licik, justru Caroline telanjur berpihak pada Jamie, walaupun keberpihakan itu banyak juga disebabkan oleh tingkah Josh yang makin hari makin menjengkelkan. Sementara itu, pada awalnya peran Darby bagi kelangsungan cerita sangat minim. Tapi, ternyata dia adalah pemegang kunci rahasia Jamie sekaligus kunci pintu kesadaran Josh.

Josh sangat marah pada Jamie karena pemuda itu mencapai kesuksesan sebagai seorang sutradara dengan film dokumenter penuh kebohongan dan memperdaya banyak orang. Tentang pencapaian Jamie, Leslie pernah bilang pada Caroline bahwa kadang cara apa pun sah saja untuk mencapai suatu tujuan, dan begitulah cara kerja dunia ini. Josh belum bisa menerima kenyataan itu. Itu satu persoalan dalam While We’re Young. Persoalan lainnya tampak pada kembalinya daya hidup Josh saat berkenalan dengan Jamie,dan pada pandangan Josh tentang keguguran Caroline dan teman sebayanya yang punya anak. Dua lapis persoalan yang ditunjukkan dalam While We’re Young adalah pencapaian dan menjadi tua.

While We’re Young adalah kisah pergolakan personal tentang pencapaian dan menjadi tua yang disajikan lewat tokoh-tokoh dinamis yang kehadirannya saling mempengaruhi dan meminyaki konfliknya, sehingga akhir getirnya bukan berarti segalanya padam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar