Senin, 09 Maret 2015

Spaced - Edgar Wright


Judul Serial
:
Spaced
Jumlah Episode
:
14 episode (2 series)
Penulis
:
Simon Pegg & Jessica Stevenson
Sutradara
:
Edgar Wright
Waktu Tayang Asli
:
24 September 1999 - 13 April 2001



Jangan harap serial yang berisi keseharian sebuah kontrakan di Inggris memberikan plot yang sinambung dan dahsyat. Tapi, jangan khawatir. Spaced memberimu tokoh-tokoh yang ajaib dan lawakan-lawakan yang ngaco berat. Makanya, meski tali kado yang mengikat keempat belas episodenya hanya kebutuhan dua tokoh utama akan kontrakan murah, hari-hari mereka bersama tetangga dan teman di sana adalah kado sederhana yang mengejutkan.

Kalau kamu sampai sakit rahang karena ngakak atau melongo, merekalah yang mesti bertanggung jawab: Tim dan Daisy, tetangga mereka (Brian dan Marsha) dan teman mereka (Mike, Twist, Tyer). Pekerjaan Tim di Fantasy Bazzar, komik-komik Tim, upaya Daisy untuk menulis, keparnoan Brian, kerjaan Brian di kamarnya, godaan Marsha pada Brian, reaksi kemiliter-militeran Mike, dodolnya Twist, cepatnya perubahan mood Tyer, dan reaksi Tyer pada suara-suara yang dia dengar akan menyakiti rahangmu. Berhati-hatilah.

Dari sekian uppercut dalam Spaced aku sangat suka saat Brian menjawab pertanyaan tentang apa saja tema dalam karya seninya. Aku sangat ingat: anger, pain, fear, dan aggression. Adegan baku tembak yang dilambat-lambatkan dengan tangan yang dikepalkan serupa pistol kacau banget. Paling tak tahan lihat muka tokoh-tokohnya yang menghayati seakan itu baku tembak pakai pistol dan granat beneran. Juga, tiap kali Tyer merasa suara di sekitarnya adalah komposisi lagu ajep-ajep dan mulai gengsot. Satu lagi, tiap kali Tim dan Mike terkenang masa kanak-kanak mereka, tepatnya pas mereka manjat pohon. Ah, banyaklah yang ngaco.

Lawakan juga ada dalam gaya shot dalam banyak adegan. Gaya shot dibikin sok-sok mencekam. Lalu, penonton dikejutkan dengan lawakan di akhirnya. Banyak: Waktu Daisy tak sengaja membuka kardus kostum kerja Tim,waktu Tim nyusup ke kantor pemilik penerbit komik yang dia kirimi portofolionya, waktu Tim dkk. mau menyelamatkan Colin, dst. dst.

Paling top itu episode pas Tyer pertama kali muncul, pas Tim dkk. mau dugem. Persoalannya sesederhana dan hanya itu. Cerita menuju ke sana pun singkat. Sedangkan, adegan pas dugemnya makan durasi. Gila! Episode Daisy akhirnya kerja jadi tukang cuci juga. Acuan ke film One Flew Over The Cuckoo’s Nest-nya ngepas-pasin banget. Episode ibu Brian ngunjungin anaknya dan episode Daisy akhirnya ketemu Dwayne bagus dalam hal nyambung-nyambungin tiap kejadian di dalamnya.

Keseharian Tim, Daisy, tetangga, dan temannya sangat bisa dijelaskan oleh episode dugem itu: Mabuk berat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar