Kamis, 09 April 2015

The Darjeeling Limited - Wes Anderson


Judul Film
:
The Darjeeling Limited
Sutradara
:
Wes Anderson
Aktor
:
Owen Wilson, Jason Swartzschman, Adrien Brody
Rumah Produksi
:
Fox Searchlight Pictures
Tahun Rilis
:
2007



Francis (Owen Wilson), Peter (Adrien Brody), dan Jack (Jason Swartzschman) adalah saudara yang aneh. Francis, si sulung, adalah si pengatur yang seenaknya. Tanpa persetujuan adik-adiknya dia menentukan pesanan makanan mereka. Dia menyuruh mereka ikut dalam perjalanan spiritual ke India, dan menahan paspor mereka supaya tak kabur kalau mereka tahu tujuan sebenarnya. Kadang dia memerintah dengan cara seolah-olah dia membuat pilihan untuk mereka, padahal tiada pilihan. Dia jarang mau mendengarkan orang lain. Bagi Brendan, asistennya, dia adalah boss bermulut asam. Saat akhirnya mereka bertemu ibunya, ternyata sifat ibu mirip dengan Francis. Peter mengaku-ngaku sebagai anak kesayangan ayah. Dia memegang barang-barang peninggalannya: kunci dan kaca mata. Itulah salah satu sumber pertengkaran antara dia dengan Francis. Pertengkaran mereka pun dipantik oleh pemberontakan Peter atas sikap Francis. Di antara mereka berdua ada Jack, si bungsu. Tanpa persetujuannya, dia sering diatasnamakan oleh Francis dalam banyak hal, misalnya saat memberi kado kelahiran anak Peter. Dia paling bungkam. Mungkin inilah pemantik keahliannya menulis. Ya, dia seorang penulis. Dia meluapkan perasaannya lewat tulisan. Salah satu ceritanya adalah tentang peristiwa di sebuah bengkel menjelang pemakaman bapaknya. Meskipun begitu, akhirnya, pada suatu pertengkaran dua kakaknya di kereta The Darjeeling Limited dia melerai dengan semprotan cabe.

Mereka tidak saling menyukai dan tidak saling percaya. Peter menyuruh Jack untuk merahasiakan kehamilan istrinya dari Francis. Sebaliknya, Peter disuruh Jack untuk merahasiakan bahwa dirinya telah menyiapkan tiket untuk pulang lebih dulu dari perjalanan yang direncanakan Francis. Tapi, ujung-ujungnya rahasia itu diketahui Francis juga. Di sisi lain, Francis sendiri menutup-nutupi bahwa perjalanan yang katanya perjalanan spiritual sebenarnya perjalanan menuju tempat ibu mereka di kaki gunung Himalaya. Francis tahu kalau sejak awal dia memberitahukan rencana itu, adik-adiknya tidak akan mau turut serta.

Mereka, Whitman bersaudara, adalah anak-anak yang jadi begitu karena didikan dan hubungan orang tua yang kacau. Perahasiaan kehamilan Alice, istri Peter, dilandasi oleh keyakinan Peter bahwa mereka akan bercerai walaupun saling cinta. Kata Peter, itu karena pengalamannya sebagai seorang anak. Sementara itu, ibu mereka, faktor penggerak cerita dalam The Darjeeling Limited, sengaja tidak hadir saat pemakaman bapak mereka. Dia malah pergi ke kaki gunung Himalaya, dan jadi biarawati. Saat akhirnya dia dan ketiga anak itu bertemu, dia membujuk mereka dengan gaya khas Francis, lalu keesokan harinya dia tak ada lagi di biara itu.

Tapi, di tangan Wes Anderson kisah tentang keluarga disfungsional itu disajikan penuh dengan humor: Pertengkaran Whitman bersaudara; titik balik dalam hubungan mereka sengaja dibikin sekonyong-konyong (mereka menyelamatkan beberapa anak yang berusaha menyeberang sungai tenggelam, tapi akhirnya seorang anak mati); dan adegan di bengkel saat menjelang pemakaman bapak mereka. Ada rasa kecut di balik derai tawa.

2 komentar:

  1. Em, nanti mah kasih screenshoot atau cuplikan filemnya, biar lebih seru.
    Aku suka pilem Wes Anderson yg judulnya Grand Budapest Hotel :)

    BalasHapus