Kamis, 19 Februari 2015

Jazzpunk - Necrophone Game


Judul Gim
:
Jazzpunk
Genre
:
First-Person Puzzle
Pengembang
:
Necrophone Game
Tahun Rilis
:
2014



Kalau kamu bosan dengan game first-person dengan alur cerita yang kelewat dahsyat, dan teka-teki yang kelewat serius, Jazzpunk bisa jadi pilihan. Kegejean bertebaran dalam lawakan, teka-teki, maupun misinya. Sangat mungkin kamu melongo saat kegejean itu muncul. Tapi, memang itu yang diinginkan game ini. Jangan terlalu banyak berpikir kelewat serius. Mainkan dan nikmati sajalah segala kegilaan ini.

Tokoh-tokoh dalam Jazzpunk berbentuk mirip seperti lambang toilet dengan wajah ala logo Springles. Hanya saja dalam bentuk tiga dimensi dan dengan beraneka rias dan busana. Ada juga tokoh yang mirip dengan Hunter S. Thompson dalam Fear and Loathing in Las Vegas. Sayangnya, sampai tamat, kamu tidak akan melihat wajah tokohmu. Tapi, setidaknya tokoh yang ditemui selama perjalanan memberikan gambaran mengenai rupa tokohmu.

Kamu bisa langsung menyelesaikan misi atau sekedar jalan-jalan mengulik kejutan gila yang ada di tiap tempat. Ada lima misi utama. Misi pertama adalah menyusup ke markas Soviet untuk mencuri sebuah rekaman. Misi kedua: mengambil ginjal seorang koboi. Misi ketiga: mencuri koper sambil menyamar dan mencari pintu rahasia. Misi keempat: mencari jalan keluar di sebuah dunia yang abstrak. Misi kelima: bertarung melawan Raja Terakhir. Tapi, jangan bayangkan pertarungan yang menegangkan. Sebab, pertarungan itu berupa main golf, balapan cawan, dan voli virtual. Begitu juga dengan misi-misi sebelumnya. Gampang dan penuh lelucon.

Kalau berkeliling mengulik tempat, kamu akan menemukan banyak mini-game yang tak kalah kocak. Ada yang ala Frogger; ala Street Fighter lengkap dengan seruan-seruan khas game itu tapi dalam bentuk first-person dan musuhnya adalah mobil sedan Honda; ala Quake (atau Counter Strike) tapi temanya adalah pernikahan, sehingga senjatanya adalah botol Champagne, meriam mawar, kue pernikahan; ala game Zombie Apocalypse tapi dengan lingkungan menyerupai pizza.

Selain itu, kalau kamu berkeliling-keliling, kamu bakal bertemu detil-detil yang tak kalah gak jelas. Ada sebuah bioskop yang di situ kamu merokok cerutu yang hembusannya di arahkan ke penonton lain. Pop corn pun kamu awur-awurkan ke mereka. Sementara itu, di layar bioskop diputar sebuah iklan mainan topi yang aneh dan tampak ala iklan tahun lima puluhan. Di sebuah toko guci kamu diminta membasmi lalat dengan alat tepuk. Setelah itu, kamu bisa menggunakannya untuk menepuk orang yang kamu temui. Di antara mereka ada yang kalau ditepuk, akan muncul mata dan sayap lalat, lalu terbang. Di pantai kamu bisa memakai pendeteksi benda yang mengantarkan kamu pada benda-benda aneh.

Ah, sudahlah. Kalau kamu sedang malas main game yang terlalu ruwet, tapi tidak ingin main yang terlalu sederhana, dan butuh lawakan segar, jajal saja Jazzpunk. Dijamin ngakak atau melongo.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar